Search

RSCM Tunggu Bantuan Pompa, Genangan di Sejumlah Ruangan Mulai Surut - kompas.id

    Sejumlah anggota tim dari berbagai pihak saat mengatasi genangan yang terjadi di RSCM.

JAKARTA, KOMPAS — Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (22/2/2020) malam hingga Minggu (23/2/2020) pagi di Jakarta menyebabkan Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo, Jakarta, terdampak banjir. Sejumlah ruangan di Departemen Radiologi rumah sakit rujukan nasional itu tergenang.

Direktur  Utama Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo (RSCM) Lies Dina Liastuti saat dihubungi di Jakarta, Minggu, menjelaskan, genangan mulai surut di sejumlah ruangan. Namun, genangan masih terjadi di ruang tomografi.

”Untuk ruangan radiologi yang lain sudah surut, sudah dikoordinasikan sudin SDA (sumber daya air) sedang menunggu bantuan pompa,” katanya.

Ia menyampaikan, semua pihak berkoordinasi untuk mengatasi genangan di lingkungan RSCM. Koordinasi itu dilakukan bersama Lurah Kenari, Kecamatan Senen; pemadam kebakaran, bintara pembina desa (babinsa), serta bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (babinkamtibmas).

Untuk ruangan radiologi yang lain sudah surut.

Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan Kementerian Kesehatan. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun sudah memantau langsung kondisi RSCM pada Minggu pagi.

”Semua terkendali. Kami juga sudah menugaskan BPFK (Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan) untuk mengecek alat-alat medis (yang turut tergenang). Bersama dengan vendor, kami juga melakukan kalibrasi serta pengecekan fungsi alat.  Sementara untuk pasien sudah dipindahkan ke RSV (rumah sakit vertikal milik Kemenkes) dan RSUD (rumah sakit umum daerah),” ujarnya.

KOMPAS/RSCM

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat meninjau Departemen Radioterapi RSCM yang terdampak banjir.

Ruang radiologi

Kepala Bagian Humas RSCM Ananto menyampaikan, air setinggi 8 cm menggenang pada pukul 05.00 WIB di sepanjang Selasar Gedung GH RSCM. Genangan ini juga membuat sejumlah ruangan lain terdampak, termasuk ruang radiologi dan radioterapi.

Setelah itu, genangan mulai surut pada pukul 08.00 WIB. Sejumlah ruangan yang terdampak pun kini telah dibersihkan. Pelayanan pasien juga tidak terganggu, baik di ruang gawat darurat maupun ruang rawat inap.

KOMPAS/RSCM

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti saat meninjau Departemen Radioterapi RSCM yang terdampak banjir.

”Sampai saat ini, tim fasilitas medik RSCM dan BPFK Jakarta masih mengecek alat-alat medis radioterapi dan radiologi yang sempat terpapar genangan air tersebut. Sepanjang pemantauan belum ditemukan kerusakan yang berarti,” ucap Ananto.

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
February 23, 2020 at 03:05PM
https://ift.tt/2HJTZUB

RSCM Tunggu Bantuan Pompa, Genangan di Sejumlah Ruangan Mulai Surut - kompas.id
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RSCM Tunggu Bantuan Pompa, Genangan di Sejumlah Ruangan Mulai Surut - kompas.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.