Search

Nelayan Lombok Utara Dapat Bantuan Kapal - kicknews

kicknews.today – Para nelayan di Kabupaten Lombok Utara (KLU) mendapat bantuan kapal sebanyak 4 unit. Bantuan ini terealisasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direkorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) bersama Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melalui program corporate social responsibility (CSR).

Bertempat di Pantai Kerakas Kecamatan Gangga, Kamis (26/2) bantuan diserahkan oleh Sekretaris Ditjen Perikanan Tangkap Yuliadi, didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Utara Suardi dan Kepala Divisi Formalitas SKK Migas Didik Sasono Setyadi. Selain itu diserahkan pula bukti pencatatan kapal perikanan, pas kecil dan sertifikat kelayakan penanganan ikan (SKPI).

“Kerjasama KKP dengan SKK Migas melalui program CSR ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya 10 unit kapal perikanan juga telah diserahkan untuk nelayan Donggala Sulawesi Tengah. Bentuk dan spesifikasi kapal serta alat penangkapan ikannya dipilih sendiri oleh nelayan yang disesuaikan dengan kearifan lokal setempat,” ungkap Sekretaris Ditjen Perikanan Tangkap Yuliadi.

Bantuan tersebut diserahkan untuk nelayan terdampak bencana alam gempa bumi tahun 2018 yang melanda Pulau Lombok. Selain nelayan KLU yang mendapat 4 unit kapal berbobot 3 GT, terdapat tiga unit lain untuk nelayan Kota Mataram, dan nelayan di Kabupaten Lombok Timur. Dia berharap kapal bantuan tersebut dapat mewujudkan keinginan nelayan untuk kembali beraktivits.

“Setelah serah terima ini, kapal bisa langsung digunakan karena kelengkapannya sudah ada begitu juga dokumen perizinannya. Para nelayan juga telah dilatih untuk peningkatan kapasitas penanganan ikan hasil tangkapan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Lombok Utara H. Suardi mengatakan bantuan dari KKP dan SKK Migas ini akan membantu pemulihan perekonomian nelayan. Dia meminta agar para nelayan penerima bantuan dapat merawat serta memelihara kapal perikanan itu.

“Kalau tidak dipelihara dengan baik bantuan ini akan sia-sia. Silakan digunakan dengan optimal agar dapat membantu meningkatkan pendapatan,” harapnya.

Kepala Divisi Formalitas SKK Migas Didik Sasono Setyadi mengaku, ini merupakan tanggung jawab sosial untuk masyarakat. Tidak berhenti sampai disini, bantuan 20 unit kapal tahun ini akan dievaluasi sehingga dapat menjadi rujukan untuk bantuan berikutnya.

“SKK Migas berkomitmen untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat perikanan, salah satunya dengan bantuan kapal perikanan. Semoga bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh nelayan dengan hasil yang optimal,” katanya.(iko)

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
February 27, 2020 at 12:15PM
https://ift.tt/2TdNxKA

Nelayan Lombok Utara Dapat Bantuan Kapal - kicknews
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nelayan Lombok Utara Dapat Bantuan Kapal - kicknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.