Search

Cina Masih Gengsi Terima Bantuan AS Terkait Virus Corona | Internasional - Gatra

Washington DC, Gatra.com - Penasehat Keamanan Nasional Amerika Serikat Robert O'Brien mengatakan bahwa Cina saat ini lebih transparan terkait soal virus corona dibandingnya dengan krisis yang terjadi sebelumnya. Kendati begitu, Beijing belum menerima bantuan yang ditawarkan Gedung Putih untuk mengatasi epidemi tersebut. "Sejauh ini Cina lebih transparan daripada krisis sebelumnya dan kami menghargai itu," ujarnya dalam sebuah wawancara pada hari Minggu (2/2) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Senin (3/2), Beijing masih belum menanggapi tawaran bantuan AS dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). "Kami belum mendengar kabar dari Cina tentang tawaran itu, tetapi kami siap untuk terus bekerja sama dengan mereka," kata O'Brien.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, para pejabat CDC sedang berada di Kazakhstan -yang merupakan negara perbatasan Cina- untuk membantu antisipasi penyebaran virus tersebut.

"Anda memiliki perbatasan yang panjang dengan Cina yang merupakan tempat penyakit ini berasal. Dan kita punya orang-orang dari Pusat Pengendalian Penyakit di sini, membantu Kazakhstan menangani ini," tuturnya saat berkunjung ke negara tersebut, Minggu (2/2).

Komisi Kesehatan Nasional Cina mengungkapkan, coronavirus telah menewaskan setidaknya 304 orang di Cina per hari Minggu. Sementara, korban yang terinfeksi mengalami peningkatan menjadi 14.380 orang pada hari Sabtu (1/2) lalu.

Setidaknya terdapat 171 kasus telah dilaporkan di lebih dari dua lusin negara dan wilayah lain, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Hong Kong dan Inggris. Sejauh ini, delapan kasus virus yang menyebar cepat telah dikonfirmasi di AS. Pentagon menyediakan perumahan bagi orang-orang yang datang dari luar negeri yang mungkin perlu dikarantina.

Kekhawatiran tentang virus tersebut mendorong Amerika Serikat untuk mendeklarasikan keadaan darurat kesehatan serta melarang masuknya warga negara asing yang baru-baru ini mengunjungi Cina. Warga AS yang telah melakukan perjalanan ke Cina dalam waktu 14 hari kebelakang akan diarahkan ke salah satu dari tujuh bandara yang ditunjuk.


Reporter: Drean Muhyil Ihsan
Editor: Rohmat Haryadi


Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
February 03, 2020 at 01:38PM
https://ift.tt/2UkoQhV

Cina Masih Gengsi Terima Bantuan AS Terkait Virus Corona | Internasional - Gatra
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cina Masih Gengsi Terima Bantuan AS Terkait Virus Corona | Internasional - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.