Search

Perlukah Balancing Sepeda Motor? Ini Penjelasannya

DEPOK, iNews.id - Ban dan pelek adalah komponen vital pada sepeda motor. Banyak yang belum tahu, balancing pelek sepeda motor sama pentingnya dengan balancing pada mobil.

"Balancing pada pelek motor yang dipakai harian cukup penting. Terlebih pada motor yang menggunakan pelek besar," ujar pemilik outlet ban RnD Tires di Beji, Depok Ucok Marbun saat berbincang dengan iNews.id, baru-baru ini.

Menurut Ucok, jika tidak dilakukan balancing kenyamanan berkendara akan kurang. Biasanya motor akan terasa limbung.

"Di kecepatan rendah sampai sedang masalah mungkin belum terasa. Tapi, jika motor dibawa dengan kecepatan tinggi, kemungkinan besar ban tidak stabil sehingga kurang nyaman," katanya.

Ucok menuturkan, balancing sepeda motor vukup mudah. Pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan balancing mobil. Tapi, balancing pada motor hanya dilakukan pada satu titik keseimbangan.

"Karena peleknya lebih lebar, mobil umumnya menggunakan balancing dynamic, yang berarti lebar pelek juga diperhitungkan. Sementara pada sepeda motor dilakukan balancing static," ujar Ucok.

Saat ini, sudah banyak bengkel yang menyediakan alat balancing motor. Alat ini akan menunjukkan titik mana ban harus diseimbangkan.

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/37LDtiz
November 29, 2019 at 09:30AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perlukah Balancing Sepeda Motor? Ini Penjelasannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.