Search

Selain Chevrolet, Ini Merek Mobil Amerika yang Hengkang dari Indonesia

JAKARTA, iNews.id - General Motors (GM) melalui merek mobil Chevrolet mengumumkan bakal hengkang dari pasar otomotif Indonesia. Di mana mulai Maret 2020, merek di bawah naungan GM tersebut akan berhenti berjualan di Indonesia.

Bila melihat data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Chevrolet sebenarnya sanggup bersaing dengan merek Jepang dan lainnya. Namun, kuatnya pabrikan Jepang di pasar mobil dalam negeri, ditambah hadirnya produsen China, membuat Chevrolet terhimpit. Mereka mengikuti jejak merek Amerika Serikat (AS) lainnya yang lebih dulu hengkang, Ford dan Chrysler.

Sebelum GM, Ford menyetop operasinya di Indonesia mulai dari penjualan, impor resmi semua produk kendaraan dan penutupan dealership pada 25 Januari 2016. "Kami mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua 2016," kata Managing Director Ford Indonesia Bagus Susanto kala itu.

Sama seperti Chevrolet, Ford hengkang dari Indonesia lantaran kalah bersaing dengan pabrikan asal Jepang. Masuk ke pasar Indonesia pada 2002, produsen asal Detroit, AS itu memiliki 35 staf dan kanal penjualan lewat 44 agen pemegang merek (APM).

Baca juga:

GM Stop Penjualan Mobil di Indonesia, Ini Alasannya

Tinggalkan Pasar Indonesia, Mobil Chevrolet Diskon Besar-besaran

Sebelum Ford, Chrysler juga lebih dulu cabut dari bursa otomotif Tanah Air. Tidak diketahui kapan pabrikan asal Amerika itu hengkang, namun alasannya lantaran mengalami kebangkrutan di 2009.

Satu-satunya merek mobil Amerika yang masih bertahan di Indonesia adalah Jeep. Mobil legendasris ini berada di bawah naungan Hascar Group.

Alasan Hengkang

Sebelumnya, President GM Asia Tenggara, Hector Villarreal mengatakan, keputusan Chevrolet hengkang dari Indonesia diambil setelah melalui serangkaian pertimbangan yang menyeluruh dari berbagai rencana bisnis GM Indonesia di masa mendatang.

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2PA9ROj
October 31, 2019 at 06:55AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selain Chevrolet, Ini Merek Mobil Amerika yang Hengkang dari Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.