Search

AS Rilis Video Penyerangan Abu Bakar Al Baghdadi

WASHINGTON, iNews.id - Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Rabu (30/10/2019), merilis video penyerangan basis ISIS di Idlib, Suriah, yang menewaskan Abu Bakar Al Baghdadi. Rekaman video juga menayangkan serangan di area sekitar persembunyian Al Baghdadi pada Sabtu (26/10/2019) malam.

Komandan Pusat Komando AS Kenneth McKenzie menunjukkan beberapa cuplikan saat pasukan mendekati lokasi persembunyian Al Baghdadi, sekitar 6 kilometer dari perbatasan Turki.

Namun McKenzie, termasuk juga pejabat Pentagon lainnyam tak bisa memastikan informasi yang disampaikan Presiden Donald Trump yang menyebutkan Al Baghdadi sempat merintih, menangis, serta menjerit saat terpojok di sebuah terowongan.

"Saya tidak bisa mengonfirmasi hal lain mengenai detik-detik terakhirnya," Kata McKenzie, seraya menambahkan bahwa Al Baghdadi meledakkan rompi bom bersama dua anak kecil yang belakangan diketahui sebagau putranya, dikutip dari Bloomberg, Kamis (31/10/2019).

Hasil tes forensik, lanjut dia, memastikan bahwa jenazah yang berada di terowongan merupakan Al Baghdadi dalam tingkat kepercayaan yang tinggi.

Dia menambahkan Al Baghdadi dimakamkan di laut dalam waktu 24 jam setelah kematiannya melalui cara Islam. Jenazah dimasukkan ke dalam kotak yang sudah diberi pemberat sehingga akan tenggelam.

Dari lokasi penyerangan, lanjut dia, pasukan AS menyita beberapa dokumen ternasuk peralatan elektronik.

Lebih lanjut McKenzie mengatakan, kematian Al Baghdadi bukan berarti perang melawan teror telah usai. Bahkan dia tak menampik adanya serangan balasan yang dilakukan para loyalis ISIS di berbagai lokasi.

"Kita tidak akan bisa melihat masa depan tanpa darah," ujarnya, seraya meyakinkan ideologi kekeasan seperti ini akan tetap bertahan.

Dia juga mengatakan, anjing yang ikut dalam misi penyerangan mengalami luka. Hewan tersebut disebutnya sebagai veteran yang telah bekerja selama 4 tahun dan mengikuti 50 misi tempur.

Luka yang dideritanya adalah tersengat listrik saat menyentuh kabel terbuka di terowongan setelah Al Baghdadi tewas.

Trump memuji anjing itu dalam cuitannya pada Minggu, namun namanya tetap dirahasiakan.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/34my677
October 31, 2019 at 07:33AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Rilis Video Penyerangan Abu Bakar Al Baghdadi"

Post a Comment

Powered by Blogger.