Search

Lima Kemuliaan Rasulullah Dibanding Para Nabi

JAKARTA, iNews.id - Rasulullah Saw memiliki banyak keistimewaan dibanding dengan nabi-nabi sebelumnya.

Imam Nawawi al-Bantani dalam kitabnya Nashoihul'ibad menjelaskan, jumhur (mayoritas) ulama berkata " Allah SWT memuliakan Nabi Muhammad Saw dengan lima kehormatan yaitu, dalam hal nama, tubuh, pemberian, kesalahan dan Ridha.

Dalam hal nama, Nabi Muhammad dipanggil Allah dengan sebutan Rasul dan tidak dipanggil dengan namanya sebagaimana ketika Allah memanggil nabi-nabi lainnya, seperti Adam as, Ibrahim as,Nuh, dan sebagainya.

Allah SWT berfirman: Wahai rasul sampaikanlah apa yang telah diturunkan kepadamu (dari Rabbmu)." (QS. Al Maaidah:5).

Dalam hal tubuh, ketika Nabi Saw berdoa atau memohon sesuatu yang berkaitan dengan masalah tubuh doa beliau dikabulkan.

Dalam hal pemberian, Allah SWT memberikan  sesuatu kepada Nabi Saw meskipun tanpa ada permintaan lebih dulu. Seperti dalam firman Allah SWT: "Sesungguhnya Kami telah memberikan nikmat yang banyak kepadamu (Muhammad)". (QS. Al Kautsar:1).

Dalam hal kesalahan, Nabi Saw dijaga dari segala kesalahan atau dosa (Maksum) bahkan pemaafan itu diberikan sebelum perbuatan dosanya Nabi kerjakan.
Allah berfirman: "Allah telah memaafkan mi."(QS. At Taubah:43).

Adapun kelima, dalam hal Ridha maksudnya bahwa fidyahz sedekah dan nafkah yang Nabi keluarkan tidak ada yang ditolak Allah, sementara Allah pernah menolak dari nabi-nabi lain.

Disebutkan dalam riwayat, bahwa Nabi pernah berkurban untuk umatnya dan membayar kifarat atau denda untuk seseorang dari kalangan umatnya karena melakukan hubungan suami istri di bulan Ramadan.

Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad.

Wallahu A'lam Bissawab.

Editor : Kastolani Marzuki

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2PA8HTd
November 01, 2019 at 07:06AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lima Kemuliaan Rasulullah Dibanding Para Nabi"

Post a Comment

Powered by Blogger.