Search

Presiden Brasil Bolsonaro Mengaku Sakit Hernia

BRASILIA, iNews.id - Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyampaikan perkembangan terbaru kondisi kesehatannya. Dia mengaku menderita hernia sebagai dampak dari luka tusuk yang dideritanya saat kampanye pemilihan presiden pada 2018.

Sebelumnya Bolsonaro juga mengaku menjalani pemeriksaan kanker kulit terkait luka yang dideritanya di telinga. Namun hasil biopsi menyatakan negatif.

"Saya sedang hamil," canda Bolsonaro, merujuk pada hernia yang dideritanya, dikutip dari AFP, Sabtu (4/1/2020).

"Ada permasalahan dan mungkin pada Februari saya akan memeriksakan kesehatan lagi," ujar pemimpin kelompok sayap kanan itu, menambahkan.

Bolsonaro ditusuk di bagian perut oleh seorang pria sayap kiri saat kampanye pada September 2018. Sejak itu, dia sudah menjalani empat kali operasi di perut dan yang terbaru berlangsung pada September 2019.

"Ini sudah usianya. Umur saya 64, ada empat operasi di mana mereka membuka seluruh bagian perut. Dua kali, mereka mengeluarkan semuanya (usus). Itu sangat serius," tuturnya.

Ahli bedah Regis Ramos mengatakan, Bolsonaro menderita hernia lateral yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Surat kabar ekonomi Valor melaporkan, Bolsonaro akan menjalani pemeriksaan medis terbaru sepulangnya dari lawatan ke India. Dia ke India untuk memenuhi undagan perayaan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada 26 Januari.

Bolsonaro memiliki beberapa masalah kesehatan sejak menjabat pada 1 Januari 2019. Terakhir, dia dirawat di rumah sakit pada 23 Desember setelah terjatuh di rumah dinasnya. Akibat mengalami benturan di kepala, Bolsonaro mengaku sempat hilang ingatan sesaat.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2QpKCyh
January 05, 2020 at 07:10AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Brasil Bolsonaro Mengaku Sakit Hernia"

Post a Comment

Powered by Blogger.