Search

Kunjungi Bantuan Toyama, Suwirta Tugaskan PU Tangani Air Terbuang - Jawa Pos

SEMARAPURA, BALI EXPRESS - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berencana mengangkat sumber air untuk menanggulangi kekurangan air di sejumlah subak di wilayah Kecamatan Banjarangkan. Seperti halnya di Subak Sema Agung, Desa Tusan, yang sudah mendapat bantuan mesin pengangkat air dari Kota Toyama, Jepang. Hal itu disampaikan Suwirta di sela-sela mengunjungi pengoperasian bantuan tersebut, Jumat (31/1).

Suwirta telah menugaskan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung membuat perencanaan mencari sumber air yang bisa dinaikkan untuk mengairi persawahan. Dia tidak ingin sawah petani mengalami kekeringan.

Di sisi lain, air dari Tukad Bubuh dan Tukad Jinah yang ada di wilayah itu langsung mengalir ke laut. “Banyak potensi air yang bisa kami angkat untuk pengairan. Dinas agar buat kajiannya,” tegasnya.

Sebelumnya, Subak Sema Agung Banjarangkan mendapat bantuan mesin pompa dari pemerintah Jepang. Pompa itu untuk mengangkat air sungai yang lokasinya lebih rendah dari lahan persawahan. Bantuan tersebut diserahkan Walikota Toyama Jepang Masashi Mori bersama Konjen Jepang Chiba Hirohisa kepada krama subak setempat beberapa waktu lalu. Mesin pompa ini menggunakan tenaga panel surya. Pemanfaatan energi terbarukan ini memberi dampak yang besar sebagai model penciptaan masyarakat rendah karbon.

Klian Subak Sema Agung Wayan Darta saat itu mengatakan, sekitar 70 hektare lahan pertanian di wilayahnya mengalami kesulitan air, lantaran debit air yang ada di aliran sawah sangat kecil sehingga dibutuhkan mesin pompa untuk bisa mengangkat air sungai.

(bx/wan/man/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
January 31, 2020 at 11:30PM
https://ift.tt/31diG4r

Kunjungi Bantuan Toyama, Suwirta Tugaskan PU Tangani Air Terbuang - Jawa Pos
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kunjungi Bantuan Toyama, Suwirta Tugaskan PU Tangani Air Terbuang - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.