Search

Mobil Terendam Banjir, Auto2000 Bagi 3 Tingkat Kerusakan

JAKARTA, iNews.idBanjir besar yang melanda sebagian wilayah Indonesia di awal 2020, menyisakan kerugian material tidak sedikit. Seperti mobil terendam banjir, bahkan terseret arus air sangat deras.

Air banjir yang kotor akan menimbulkan banyak masalah pada mobil, antara lain kabin kotor dan bau, gangguan pada sistem pengereman, mekanis, serta masalah elektrikal yang bisa merusak berbagai komponen mobil. Bahkan, yang terburuk mesin rusak lantaran water hammer atau kemasukan air.

“Kami turut prihatin dengan adanya musibah banjir yang melanda wilayah Ibu Kota dan sekitarnya, dan memahami situasi sulit bagi pemilik mobil Toyota yang tertimpa musibah banjir. Karena itu, Auto2000 menyiapkan program khusus yang diharapkan dapat membantu pemilik Toyota yang terkenda dampak banjir,” ujar Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya dalam keterangan persnya yang dilansir iNews.id, Senin (6/1/2020).

Dia mengatakan, untuk membantu meringankan beban pemilik Toyota yang ingin memperbaiki mobil pascabanjir, semua fasilitas bengkel resmi Auto2000 di seluruh Indonesia siap memberikan kemudahan. Program ini juga berlaku untuk konsumen yang membeli mobil di dealer Toyota lain, berlaku pada 6 Januari-29 Februari 2020.

Auto2000 sendiri membagi tiga tingkat kerusakan mobil dalam beberapa kondisi kendaraan, sebagai berikut:

1. Pekerjaan Light

Mobil konsumen yang masuk dalam kategori ini adalah untuk korban banjir yang terendam hingga menyentuh karpet dasar. Pekerjaan yang dilakukan meliputi melepaskan dan mengeringkan karpet, overhoul alternator, overhoul motor starter, mengecek dan membersihkan sistem pengereman.

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Ini yang Harus Anda Lakukan Agar Kendaraan Tak Rusak Berat

Kemudian, mengecek dan menyetel bearing roda, mengecek power steering hingga menguras minyak power steering hidrolis, dan memeriksa elektrikal pada junction block dan wire to wire connection.

2. Pekerjaan Medium

Mobil konsumen yang masuk dalam kategori ini adalah untuk korban banjir yang terendam hingga menyentuh sandaran jok. Pekerjaan yang dilakukan, meliputi semua pekerjaan light ditambah beberapa item lain, seperti melepas dan mengeringkan jok, door trim, dasbor, dan speaker, periksa sistem AC, periksa radio tape, periksa sistem bahan bakar, periksa sistem pengapian, periksa alarm mobil.

Baca juga: Mengenal Istilah Water Hammer, Air Masuk ke Ruang Bahan Bakar Mobil

Pihak bengkel pun akan menguras oli mesin, kuras oli transmisi dan gardan, kuras transmisi otomatis, serta kuras tangki bahan bakar. Harga perbaikan belum termasuk PPN, menghilangkan bau, dan biaya penggantian komponen yang rusak.

3. Pekerjaan Heavy

Mobil konsumen yang masuk dalam kategori ini adalah korban banjir yang terendam hingga atas plafon. Pekerjaan yang dilakukan meliputi semua pekerjaan medium ditambah membersihkan atau mengganti plafon. Harga perbaikan belum termasuk PPN, menghilangkan bau, dan biaya penggantian komponen yang rusak.

“Bagi pelanggan Toyota merupakan bagian dari Autofamily, Auto2000 memberikan diskon jasa sebesar 30 persen dan diskon sparepart atau onderdil mobil 10 persen untuk kendaraan korban banjir yang datang ke Auto2000, tapi tidak memiliki asuransi. Termasuk berlaku pula untuk pemilik Toyota dengan asuransi namun tidak ada perluasan tanggungan terhadap bencana alam sehingga kerusakan yang terjadi akibat banjir tidak terlindungi," ujar Ricky.

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2s176fO
January 06, 2020 at 08:17AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mobil Terendam Banjir, Auto2000 Bagi 3 Tingkat Kerusakan"

Post a Comment

Powered by Blogger.