Search

Kabar Duka, Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, iNews.idKabar duka datang dari organisasi Islam Muhammadiyah. Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bidang Tarjih dan Tabligh Prof Dr KH Yunahar Ilyas Lc MA, berpulang ke rahmatullah.

Almarhum yang juga menjabat sebagai wakil ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) tutup usia dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) Sarjito, Yogyakarta, Kamis (2/1/2020) pukul 23.47 WIB.

“Muhammadiyah kehilangan figur ulama yang santun dan menjunjung Ahklak Mulia," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Jumat (3/1/2019).

Menurutnya, almarhum sudah beberapa bulan menjalani perawatan intensif di rumah sakit akibat gagal ginjal. Pihak keluarga, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSU Sarjito dan PP Muhammadiyah sudah berikhtiar maksimal bagi kesembuhan beliau. Namun Allah menentukan jalan akhir hayat dengan memanggil ke haribaan-Nya.

"Saya telah lama berkawan dan berinteraksi secara intens dengan Prof Yunahar sejak tahun 1980-an. Banyak teladan baik yang saya terima dari beliau," katanya.

Menurut Haedar, almarhum memiliki penguasaan ilmu agama yang mendalam, khususnya di bidang tafsir. Beliau juga piawai dalam bertabligh yang mudah dicerna umat serta memiliki kepribadian sangat ramah dan mudah bersahabat.

"Beliau sangat hati-hati dalam bersikap sehingga seksama dan bijaksana," ucapnya.

Selama ini, Yunahar dikenal rutin mengajar tafsir di Gedung PP Muhammadiyah Yogyakarta dan Jakarta. Beliau juga ringan hati dan kerap mengisi pengajian di manapun tempatnya. Selain itu, almarhum juga telah meninggalkan sejumlah buku penting dan menulis tarikh di Suara Muhammadiyah secara rutin.

"Semoga khusnul khotimah dan semuanya menjadi amal jariyah yang terus mengalir baginya," tuturnya.

Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman mengungkapkan, jika almarhum meninggal dalam persiapan cangkok ginjal. Kondisi kesehatannya terus menurun dan dirawat di ICU RS Sardjito.

"Prof Yunahar semula sedang persiapan cangkok ginjal. Namun kondisinya menurun kemudian dirawat di ICU," kata Agus yang selama ini mendampingi Yunahar.

Jenazah saat ini disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta. Rencananya pada pukul 10.30 WIB akan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta dan dimakamkan di TPU Karangkajen, Yogyakarta pada pukul 13.00 WIB.

Editor : Donald Karouw

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/36k4l8f
January 03, 2020 at 08:48AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kabar Duka, Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Meninggal Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.