Search

Buka Suara soal Kabur dari Jepang, Eks Bos Nissan Carlos Ghosn: Saya Melakukannya Sendiri

BEIRUT, iNews.id - Mantan bos Renault dan Nissan, Carlos Ghosn, mengklaim dirinya melarikan diri ke Lebanon seorang diri. Ghosn sebelumnya dikabarkan melarikan diri dari Jepang dengan bersembunyi di dalam kotak alat musik.

Ghosn tengah menghadapi kasus dugaan pelanggaran keuangan, dan membantah keterlibatan keluarganya.

"Laporan media yang mengatakan istri saya, Carole, dan anggota keluarga lainnya memainkan peran dalam kepergian saya dari Jepang adalah palsu. Saya sendiri yang mengatur kepergian saya," kata Ghosn, dalam pernyataan singkat yang diterima oleh AFP, Jumat (3/1/2020).

Sementara itu, Turki mengumumkan menahan tujuh orang sehubungan dengan pelarian Ghosn yang luar biasa. Turki menahan tujuh orang untuk diinterogasi, termasuk empat pilot, terkait bagaimana sang taipan itu bisa transit melalui Istanbul saat menuju ke Lebanon.

Investigasi difokuskan pada dua penerbangan. Pertama, Bombardier berlabel TC-TSR, terbang dari Osaka di Jepang, mendarat di Istanbul at pukul 05.15 dan diparkir di hanggar.

Yang kedua adalah jet pribadi menuju ke Beirut, sebuah Bombardier Challenger 300 TC-RZA, yang lepas landas 45 menit kemudian, menurut kantor berita Turki DHA.

Ghosn bisa memasuki Lebanon dengan paspor Prancis, menurut dokumen bandara yang dilihat oleh AFP.

Ghosn, yang menjadi tahanan rumah di Tokyo sejak April, diyakini dikurung di kediamannya di pusat Kota Beirut. Para pengunjung keluar dan masuk di bawah pengawasan kamera CCTV.

Tibanya Ghosn di Lebanon tepat sebelum Malam Tahun Baru menimbulkan pertanyaan baru soal status peradilannya.

Kantor berita pemerintah Lebanon, mengutip Menteri Kehakiman Albert Sarhan, menyebut, "Jaksa penuntut umum telah menerima apa yang dikenal sebagai pemberitahuan merah dari Interpol dalam kasus Carlos Ghosn."

Pemberitahuan merah Interpol merupakan permintaan penangkapan sementara, menunggu ekstradisi atau penuntutan, namun bukan surat perintah.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2tofwOz
January 03, 2020 at 08:56AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Buka Suara soal Kabur dari Jepang, Eks Bos Nissan Carlos Ghosn: Saya Melakukannya Sendiri"

Post a Comment

Powered by Blogger.