Search

Disparbud Jepara Terbitkan SK Desa Wisata Demi Bantuan Gubernur - Jawa Pos

Kucuran bantuan itu sesuai dengan setelah terbit Peraturan Gubernur Nomor 93 Tahun 2019. Pergub itu mengatur tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Jateng. Pemprov Jateng berencana akan mengucurkan dana Bantuan gubernur (bangub) pada 2021.

Kepala Disparbud Jepara Zamroni Listiaza, melalui Kabid Destinasi Pariwisata Nur Zuhruf menyatakan, bahwa Pemrov Jateng akan mengucurkan bangub bagi desa-desa wisata yang masuk kriteria dari pemprov.

Untuk status rintisan desa wisata mendapatkan Rp 100 juta, desa wisata berkembang Rp 500 juta, dan desa wisata maju akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 miliar. Dalam program ini, Pemprov Jateng akan mengucurkan bantuan tersebut kepada 500 desa wisata.

”Itu bantuannya lumayan untuk bisa menggarap desa. Apalagi di Jepara ada banyak desa yang memiliki potensi wisata,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Zuhruf menyatakan, sampai saat ini belum ada satupun desa di Jepara yang memiliki SK sebagai desa wisata. Tetapi, yang ada hanya desa unggulan dalam bidang pariwisata. Untuk itu, dalam waktu yang kurang dari satu bulan ini, pihaknya memiliki tugas berat menyelesaikan persoalan tersebut.

Pihaknya menyebutkan, sampai saat ini, ada 15 desa yang memiliki SK sebagai desa unggulan. Yakni Desa Tempur, Damarwulan, Tanjung, Plajan, Bondo, Bandengan, Mulyoharjo, Petekeyan, Tegalsambi, Troso, Gemulung, Karimunjawa, Kemojan, Teluk Awur, dan Kunir.

Meskipun waktunya tinggal sebentar, Zuhruf mengaku belum melakukan tindakan apa pun. Untuk itu, di pekan ini, pihaknya berencana mengumpulkan desa-desa tersebut untuk dilakukan diskusi terkait bantuan gubernur tersebut.

Nantinya, Disparbud akan menerbitkan SK desa wisata. Sasarannya memang 15 desa tersebut. Namun, belum tentu semuanya akan mendapat SK sebagai desa wisata. Disparbud akan melihat kesiapan desa-desa itu. Terutama soal fasilitas-fasilitas penunjang. ”Kalau tidak salah deadline dari Pemprov Jateng itu 10 April mendatang. Dan ini sudah pertengahan Maret. Waktunya tinggal sedikit,” ujar Zuhruf. (qih)

(ks/lid/top/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
March 16, 2020 at 02:11PM
https://ift.tt/2TQqEyy

Disparbud Jepara Terbitkan SK Desa Wisata Demi Bantuan Gubernur - Jawa Pos
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Disparbud Jepara Terbitkan SK Desa Wisata Demi Bantuan Gubernur - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.