Search

Bantuan Miskin Naik Jadi Rp 200 Ribu - Jawa Pos

Wali Kota Ika Puspitasari, mengatakan, selama ini setiap KPM menerima program BPNT sejumlah Rp 150 per bulan. Namun, terhitung mulai bulan ini akan mengalami tambahan sebesar Rp 50 ribu per KPM. ’’Naik Rp 50 ribu lagi sehingga menjadi Rp 200 ribu per bulan,’’ terangnya.

Dengan adanya kenaikan nominal BPNT tersebut, kata dia, dirasa akan cukup membantu masyarakat yang masuk kategori prasejahtera. Terlebih, penambahan itu direalisasikan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga bisa memperingan pemenuhan kebutuhan dasar selama imbauan berdiam diri di rumah.

Ning Ita, sapaan akrab wali kota menyebutkan, penyaluran BPNT dilakukan di 10 e-Warong yang tersebar di Kota Onde-Onde. Masyarakat bisa membelanjakannya dengan berbagai jenis bahan pokok. ’’Dengan begitu, masyarakat prasejahtera bisa tercukupi kebutuhan dasarnya,’’ ulasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mojokerto Sri Mudjiwati, menambahkan, di samping nominal bantuan yang mengalami kenaikan, pilihan komoditas pangan juga lebih bervariatif. Menurutnya, jika sebelumnya pilihan hanya bisa berupa beras dan atau telor, kini KPM bisa menyesuikan dengan kebutuhan bahan pangan yang lain. ’’Di e-Warong saat ini tersedia sayur, buah, daging, dan komoditas lain. Tergantung permintaan,’’ terangnya.

Mudjiwati menyebutkan, kenaikan nominal program bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) ini akan berlaku hingga enam bulan ke depan. Di samping untuk pemunuhan kebutuhan, adanya penambahan penyaluran BPNT ini juga untuk mendorong tingkat daya beli masyarakat. ’’Jadi mulai Maret ini sampai Agustus nanti agar di daerah daya belinya tidak menurun,’’ paparnya.

Pihaknya juga memastikan jika di tengah peningkatan kewaspadaan terhadap virus korona ini penyaluran BPNT tetap berjalan. Hanya saja, pelaksanaannya tetap harus menegakkan protokol kesehatan. Terutama, penyaluran melalui e-Warong dipastikan tidak menimbulkan kerumunan orang. ’’Jadi setelah dilayani langsung pulang. Makanya butuh waktu agak lama dari biasanya,’’ paparnya.

Terlebih, jumlah penerima BPNT di Kota Mojokerto mencapai 6.405 KPM. Sedangkan titik penyalurannya hanya ada di 10 titik e-Warong sehingga harus dilakukan secara bergiliran. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.410 KPM merupakan penerima bantuan yang bersumber dari APBN. Sedangkan 1.995 KPM lainnya berasal dari bantuan APBD.

(mj/ram/ris/ron/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
March 27, 2020 at 08:35AM
https://ift.tt/33OSUVy

Bantuan Miskin Naik Jadi Rp 200 Ribu - Jawa Pos
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bantuan Miskin Naik Jadi Rp 200 Ribu - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.