Search

Besar Bantuan Program Organisasi Penggerak dibagi Jadi Tiga Kategori - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews

  • Rabu, 11 Maret 2020 | 11:24 WIB
  • Penulis:
    • Prajtna Lydiasari

JAKARTA, suaramerdeka.com  - Dukungan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupa bantuan dana, pemantauan dan evaluasi dampak, serta integrasi program yang terbukti baik ke dalam program Kemendikbud.

"Besar bantuan yang akan diterima bervariasi, tergantung pada hasil evaluasi terhadap kapasitas organisasi kemasyarakatan dan kualitas rencana program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang akan dijalankan," ujar Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Supriano di Jakarta.

Secara umum, lanjut Supriano, besar bantuan dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan banyak sasaran satuan pendidikan, yakni kategori I Gajah dengan sasaran lebih dari 100 satuan pendidikan, dapat memperoleh bantuan maksimal Rp 20 miliar per tahun.

"Kategori II Macan dengan sasaran 21-100 satuan pendidikan, dapat memperoleh bantuan maksimal Rp 5 miliar per tahun dan kategori III Kijang dengan sasaran 5-20 satuan pendidikan, dapat memperoleh bantuan maksimal Rp 1 miliar per tahun.

Program Organisasi Penggerak diharapkan membantu menginisiasi sekolah penggerak yang idealnya memiliki empat komponen. Pertama, kepala sekolah memahami proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar. Kedua, guru berpihak kepada anak dan mengajar sesuai tahap perkembangan siswa.

Ketiga, siswa menjadi senang belajar, berakhlak mulia, kritis, kreatif, dan kolaboratif (gotong royong). Keempat, terwujudnya komunitas penggerak yang terdiri dari orang tua, tokoh, serta organisasi kemasyarakatan yang diharapkan dapat menyokong sekolah meningkatkan kualitas belajar siswa. "Kemendikbud mendorong hadirnya ribuan Sekolah Penggerak yang akan menggerakan sekolah lain di dalam ekosistemnya sehingga menjadi penggerak selanjutnya," tambahnya.

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
March 11, 2020 at 11:24AM
https://ift.tt/2TEVQk3

Besar Bantuan Program Organisasi Penggerak dibagi Jadi Tiga Kategori - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Besar Bantuan Program Organisasi Penggerak dibagi Jadi Tiga Kategori - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.