Search

Targetkan Verifikasi dan Validasi 227 Ribu Penerima Bantuan Selesai Bulan Ini - Jawa Pos

MAYANGAN, ­Radar Bromo – Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo terus berbenah dan berupaya mewujudkan pemberian bantuan sosial secara tepat sasaran. Sejak Selasa (4/2) lalu, proses verifikasi dan validasi (Verval) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mulai dilaksanakan di desa. Ditargetkan Verval akan selesai pekan kedua bulan ini.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Sudjianto menyatakan, proses Verval dilakukan di tingkat desa. Dalam proses tersebut, dilakukan seleksi dan akan ada graduasi berdasarkan beberapa pertimbangan yang sudah diatur. Agar bantuan sosial yang ditujukan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan tersalurkan dengan tepat.

“Proses Verval ini nantinya akan mengeluarkan penerima bantuan yang sudah masuk kategori mampu. Tak hanya itu, penerima bantuan alamat tidak ditemukan, meninggal, pindah alamat, menolak, juga ditertibkan,” ujarnya.

Pada bulan Desember tahun lalu terdapat sekitar 230.890 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdata di Kementerian Sosial. Namun, setelah dilakukan update dan entry data sampai akhir Januari, diperoleh data sekitar 227.482 KPM.

“Data hasil upadate dan entry sudah disahkan bupati. Selanjutnya akan dilakukan Verval berdasarkan wilayah KPM berdomisili, sehingga ditemukan data yang lebih akurat,” tandasnya.

Menurutnya, setelah diperoleh data terbaru dari hasil Verval, nantinya terlebih dahulu akan dilakukan musyawarah desa untuk menentukan siapa saja KPM yang akan dihapus. Kemudian akan diputuskan KPM yang berhak mendapatkan bantuan sosial yang nantinya akan menjadi acuan data.

Tahapan yang dilakukan bertujuan agar bantuan sosial nantinya benar-benar tepat sasaran. Sehingga, penurunan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Probolinggo dapat dilakukan secara maksimal.

“Proses penghapusan dan pembaruan data tersebut harus melalui proses musyawarah desa. Data ini nantinya akan menjadi data acuan, dengan jumlah KPM 227 ribu kami harapkan proses verivikasi dan validasi selesai bulan ini di minggu kedua,” tuturnya. (ar/fun)

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
February 06, 2020 at 02:54PM
https://ift.tt/2OwjQTs

Targetkan Verifikasi dan Validasi 227 Ribu Penerima Bantuan Selesai Bulan Ini - Jawa Pos
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Targetkan Verifikasi dan Validasi 227 Ribu Penerima Bantuan Selesai Bulan Ini - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.