Search

Siaga Tempur, TNI Kerahkan 3 KRI di Laut Natuna

JAKARTA, iNews.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan tiga Kapal Republik Indonesia (KRI), pesawat intai maritim dan pesawat Boeing dalam operasi siaga tempur di perairan Laut Natuna, Kepulauan Riau. Operasi digelar sebagai respons pelanggaran kedaulatan oleh kapal milik China.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono mengatakan, dua KRI telah bersiaga yakni KRI Teuku Umar-385 dan KRI Tjiptadi-381. Satu lagi akan menuju perairan Natuna.

Menurut Yudo, berdasarkan pengawasan terdeteksi 30 kapal ikan asing yang beroperasi di wilayah kedaulatan NKRI. Kapal-kapal ikan asing itu dikawal 3 kapal Coast Guard milik China.

"Operasi ini melibatkan semua unsur, baik darat, laut dan udara ujarnya,” Jumat (3/1/2020). Kepada para prajurit yang bertugas, dia mengingatkan agar tidak terpancing. Mereka diminta mengedepankan cara persuasif agar 30 kapal pencari ikan dan 3 kapal Coast Guard China itu keluar dari laut Natuna.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, Indonesia memiliki kedaulatan yang harus dijaga. China kata dia, tidak punya hak untuk mengklaim Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia karena tidak punya konflik dan tumpang tindih perairan.

"China itu dulu pernah punya konflik dengan Malaysia, Filipina, Brunei, Vietnam, Taiwan di Laut China Selatan itu sudah diatur di SCS tribunal namanya pada 2016," kata Mahfud usai menggelar rapat koordinasi tingkat menteri bidang polhukam, Jumat.

Dengan aturan South Chine Sea Tribunal itu, kata Mahfud, China tidak punya hak atas seluruh perairan yang sempat menjadi konflik dengan beberapa negara tersebut. Tidak hanya itu, secara hukum internasional, yakni UNCLOS 1982, China juga tidak punya hak atas ZEE Indonesia.

Hadir dalam rapat ini antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menkumham Yasonna Laoly, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Hadir pula Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksamana Madya Bakamla A Taufiq, dan Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto serta KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2FgkPSU
January 04, 2020 at 08:05AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siaga Tempur, TNI Kerahkan 3 KRI di Laut Natuna"

Post a Comment

Powered by Blogger.