Search

Menteri Jonan: Perusahaan Teknologi Akan Caplok Industri Ekstraktif

JAKARTA, iNews.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan membeberkan bagaimana perusahaan-perusahaan energi yang semula mendominasi bisnis kini dikalahkan oleh sektor yang berbasis teknologi. Seiring perkembangan teknologi yang berkembang cepat, perusahaan digital kini memiliki kapitalisasi besar sehingga mengalahkan perusahaan minyak dan gas bumi (migas).

Di hadapan pelaku usaha, Jonan memaparkan, pada 2008, perusahaan-perusahaan besar di dunia masih didominasi oleh pelaku usaha berbasis energi. Perusahaan tersebut di antaranya, PetroChina, Exxon, Gazproom, Royal Dutch Shell, hingga Sinopec.

"10 perusahaan terbesar di 2008, itu lima adalah perusahaan ekstratif, perusahaan pertambangan," kata Jonan di the Energy Building, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Namun, Mantan Menteri Perhubungan itu menambahkan, pada 2018 sudah tidak ada lagi perusahaan ekstraktif yang masuk ke dalam daftar 10 perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Tahun lalu, pangsa perusahaan dengan nilai kapitalisasi terbesar sudah didominasi oleh perusahaan berbasis teknologi.

"Kalau kita lihat 2018 rangking 1-10 ada enggak perusahaan ekstraktif? nNggak ada. 10 tahun sudah hilang, habis sudah nggak ada, permainan telah berubah dengan perusahaan yang mendominasi adalah perusahaan berbasis teknologi, seperti Amazon, Alibaba, Apple, dan Alphabet," tutur Jonan.

Bahkan, berdasarkan data yang ia miliki, mayoritas perusahaan terbesar tahun lalu, dapat dikatakan sebagai perusahaan-perusahaan muda. "Masa ada perusahaan yang lahir 2004 di sini," kata Jonan.

Oleh karenanya, Jonan mengaku tidak akan kaget apabila ada perusahaan berbasis teknologi yang mampu mencaplok perusahaan ekstraktif. Pasalnya, dengan nilai kapitalisasi perusahaan berbasis teknologi saat ini, hal tersebut tidaklah mustahil.

"Saya punya keyakinan pribadi, suatu hari dari perusahaan yang berada di daftar perusahaan terbesar dunia pada 2018 akan mengakuisisi perusahaan ekstraktif," ucap Jonan.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2UsCPmf
April 02, 2019 at 10:39PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menteri Jonan: Perusahaan Teknologi Akan Caplok Industri Ekstraktif"

Post a Comment

Powered by Blogger.