Search

Melihat Lebih Dekat Alutsista di Skuadron Lanud Roesmin Nurjadin Riau

JAKARTA, iNews.id - Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau) bersama masyarakat dan awak media mengunjungi Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Sabtu (27/4/2019). Rombongan disambut langsung Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka dan jajarannya.

Dalam kunjungannya, masyarakat diajak ke Skuadron 12 Black Panther yang berisikan 14 pesawat tempur tipe Hawk 100/200. Bersama Komandan Skuadron Udara 12 Asri Efendi 'Flogger' Rangkuti, masyarakat diedukasi mengenai pesawat tempur tersebut.

Mulai dari jenis pesawat hingga peluru yang bisa membunuh musuh dijelaskan olehnya. Tipe hawk 100 memiliki penggunaan seperti Ground Attack, Trainner, Limited Air Defence. Sementara tipe hawk 200 biasa digunakan untuk Ground Attack, Air Defence (All Weather Attack).

BACA JUGA: TNI AU Ajak Pengikutnya di Medsos Kunjungi Lanud Terbesar di Sumatra

Membedakan kedua tipe pesawat tersebut sangatlah mudah, dari segi fisik tipe 100 memiliki dua awak penumpang, sedangkan tipe 200 hanya memiliki satu awak penumpang. "Beda dari keduanya kalo (tipe) 100 itu dia cenderung untuk trainer atau latihan, sedangkan pesawat (tipe) 200 itu single seat, memiliki radar, cockpit, bahwa peluru persenjataan smoke bombs seperti itu dia tingkatnya lebih ke operasional," tutur Asri di lokasi.

Asri mengaku pada pesawat Hawk 100 masih memiliki banyak kekurangan sehingga banyak digunakan sebagai latihan maupun patroli. "Untuk pengeboman dari udara ke darat, jaraknya 200 mile karena kita dilengkapi oleh radar, maka kita tidak, tadi tugas pokok ada sebagai pertahanan udara terbatas, karena kita memiliki radar kadang kita juga memasang intersep," ungkapnya.

Asri menambahkan, pihaknya pernah menjalankan misi operasi menjaga perbatasan di kawasan negara Timor Timur pada 1998-1999. "Misi yang pernah dilaksanakan skuadron 12 itu yaitu kita pernah pengamanan di Kupang, pada saat pelaksanaan Timor Timur," katanya.

Editor : Djibril Muhammad

Halaman : 1 2

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2W83y4Z
April 28, 2019 at 07:11AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Melihat Lebih Dekat Alutsista di Skuadron Lanud Roesmin Nurjadin Riau"

Post a Comment

Powered by Blogger.