Search

Hasil Audit EY Bocor, Joko Mogoginta Bawa Kasus AISA ke Kepolisian

JAKARTA, iNews.id – Sengkarut masalah di tubuh PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) terus berlanjut. Mantan Direktur Utama sekaligus pendiri dan pemegang saham AISA Joko Mogoginta melaporkan manajemen baru ini ke Kepolisian seiring adanya penyebaran laporan audit investigasi yang diterbitkan oleh auditor dan KAP internasional Earnst & Young (EY).

Joko menuturkan, laporan yang tersebar itu sangat inkoklusitf dan tendensius. Selain itu, laporan audit dan investigasi ini tak seharusnya tersebar. Dia pun keheraran, EY selaku auditor tidak bergerak dan terkesan menutup mata dengan adanya penyalahgunaan data tersebut.

“Saya mewakili seluruh pemegang saham dan semua stakeholders melaporkan pihak yang menyebarkan laporan audit investigasi EY dan juga EY sebagai Auditor dan KAP yang telah membuat laporan inkonklusif dan tendensius. Bila EY tidak bersalah seharusnya tidak diam saja melihat laporannya disalahgunakan,” kata Joko, Selasa (2/4/2019).

Menurut Joko, ada kesengajaan yang dilakukan oleh para pihak yang selama ini mengklaim dirinya sebagai Direksi dan Komisaris Baru Perseroan dengan menyebarluaskan hasil laporan EY. Padahal, pihaknya sedang dalam tahap final proses negosiasi damai yang notabene diminta oleh manajemen baru.

Dari tiga poin utama perdamaian, salah satunya mengenai permintaan manajemen baru agar Joko Mogoginta menyetujui dan mengesahkan penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 22 Oktober 2018.

“Artinya mereka masih meragukan keabsahan RUPSLB yang mereka jadikan dasar untuk mengambilalih kendali perseroan. Lalu tiba-tiba disebarkanlah lapiran audit investigasi EY ini yang tujuannya untuk melemahkan posisi tawar kami. Sudah jelas bisa disimpulkan laporan EY tersebut diragukan kebenarannya, dan hanya bertujuan untuk menyudutkan manajemen yang sah,” kata Joko.

Sebelumnya, Hasil Investigasi Berbasis Fakta Ernst & Young Indonesia kepada manajemen baru AISA tertanggal 12 Maret 2019 menunjukkan ada temuan terhadap dugaan penggelembungan pos akuntansi senilai Rp4 triliun serta beberapa dugaan lain. Dugaan penggelembungan ditengarai terjadi pada akun piutang usaha, persediaan, dan aset tetap Grup AISA.

Laporan keuangan 2017 Tiga Pilar diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan yang terafiliasi dengan firma audit, pajak, dan konsultasi dunia terkemuka yaitu RSM International.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TM6H8V
April 02, 2019 at 10:13PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hasil Audit EY Bocor, Joko Mogoginta Bawa Kasus AISA ke Kepolisian"

Post a Comment

Powered by Blogger.