Search

NU Panjangrejo Bantul Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim - Islam NU

Bantul, NU Online

Pengurus Yatiman Desa Panjangrejo menyelenggarakan pengajian dan santuan anak yatim Ahad (15/3). Acara berlangsung di Mushala Karangggayam, Desa Panjangrejo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Penyelenggaraan ini dilaksanakan sekalian dalam rangka syukuran pembukaan Mushala Karanggayam untuk aktivitas ibadah bagi warga sekitar.

Pengurus Yatiman Panjangrejo, Purwanto Habibi mengatakan bahwa
pemberian santunan kepada anak yatim di desa Panjangrejo adalah kegiatan rutin satu bulan sekali. Tempatnya pelaksanaan bergiliran antar dusun di seluruh wilayah Desa Panjangrejo.

"Di bulan ini diselenggarakan di Dusun Karanggayam sekalian dalam rangka syukuran pembukaan Mushalla Ar-Rahman Karanggayam yang sudah bisa digunakan sarana ibadah warga sekitar," kata Purwanto Habibi.

Purwanto Habibi yang juga Pengurus Ranting Nahdlotul Ulama (NU) Desa Panjangrejo juga menyampaikan bahwa kegiatan santunan anak yatim pendanaannya dikumpulkan dari infak para jamaaah majelis taklim dan jamaaah masjid dan mushala seluruh wilayah Desa Panjangrejo.

"Acara yang digelar sejak pagi hingga siang hari berlangsung lancar dan meriah. Dalam setiap santunan, nilai dana yang diberikan kepada anak-anak tidak tetap jumlahnya, tergantung jumlah dana yang terkumpul. Pengalaman selama setahun terakhir, nilai dana santunan yang diberikan biasanya minimal Rp100.000." katanya.

"Dalam santunan kali ini, jumlah anak yatim yang diberi santunan ada 36 anak, masing-masing anak mendapat uang santunan berkisar antara Rp250,000,- hingga Rp300.000, menyesuaikan usia dan jenjang pendidikan si anak," imbuh Purwanto.

Acara penyampaian santunan anak yatim dibuka dan diberikan oleh H Mugiyo, selaku pemberi tanah wakaf Mushala Ar-Rahman Karanggayam.

Selesai acara pemberian santunan anak yatim, acara berikutnya yaitu pengajian agama yang disampaikan oleh HM Tachis. Dalam pengajian, Haji M Tachis menyampaikan tema Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

"Kita setiap tahun diingatkan untuk mengingat dan memperdalam pengetahuan tentang Isra Mi’raj. Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian menuju langit ketujuh untuk menerima perintah sholat," ungkap H Tachis.

 
Ia mengajak jamaah agar dapat meneladani Rasulullah, dan wajib menjalankan perintah shalat yang sudah dituntunkan.

"Shalat adalah tiang agama. Shalat adalah ibadah yang pertama kali dihisab. Barangsiapa yang shalatnya baik, maka akan dianggap baik seluruh amalan perbuatannya. Sebaliknya, jika shalatnya baik buruk, amal perbuatan lainnya akan dianggap buruk," terang H Tachis.

H Tachis juga menyampaikan pesan kepada anak-anak supaya dalam menggunakan uang santunan sedianya digunakan untuk mengutamakan kebutuhan sekolah.

"Jangan semuanya dipakai untuk untuk konsumsi beli ini, beli itu. Itu semua akan cepat habis dan tidak membekas, jika ada sisa sebaiknya ditabung, untuk keperluan sekolah selanjutnya," katanya.


Kontributor: Markaban Anwar

Editor: Kendi Setiawan

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
March 17, 2020 at 11:30AM
https://ift.tt/2WlUPiK

NU Panjangrejo Bantul Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim - Islam NU
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NU Panjangrejo Bantul Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim - Islam NU"

Post a Comment

Powered by Blogger.