Search

BPBA Serahkan Bantuan Bahan Bangunan untuk Korban Angin Puting Beliung Susoh - Serambi Indonesia

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), menyerahkan bantuan bahan baku bangunan untuk warga korban terdampak angin puting beliung di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Bantuan diserahkan Kabid Kadaruratan dan Logistik pada BPBA, Ir Muhamamd Syahril MM, diterima Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, H Din Armaya ST mewakili Kalak BPBK Abdya, Amiruddin SPd di Kantor BPBK Abdya, Sabtu (21/3/2020).  

Peristiwa angin puting beliung itu terjadi pada 9 Januari lalu, mengakibatkan 24 rumah di Kecamatan Susoh  mengalami rusak atap berat dan ringan akibat diterbangkan angin. Kerusakan rumah warga terutama di Gampong/Desa Padang Baru, Pinang dan Pawoh.  

Sekretaris BPBK Abdya, H Din Armaya ketika menerima penyerahan bahan baku bangunan tersebut didampingi Kasi Logistik, Anhar SKM dan berapa staf.  Disaksikan, Camat Susoh, H Zufan dan beberapa keuchik gampong/kepala desa.

Bahan bangunan dari Pemerintah Aceh yang diserahkan itu, terdiri dari 420 lembar seng ukuran 8 kaki, 220 lembar rabung seng ukuran panjang 2,4 meter, 170 batang balok kayu ukuran 5x5x5 meter, 150 batang balok kayu ukuran 5x10x5 meter, 130 batang balok kayu ukuran  5x12x5 meter, 100 batang balok kayu ukuran 5x7x5 meter.

Selanjutnya, 50 kilogram (kg) paku kayu, 40 kotak paku seng standard, 350 lembar triplek ukuran 4 mili meter.

Kabid Kadaruratan dan Logistik pada BPBA, Muhamamd Syahril menjelaskan, penyerahan bantuan bahan baku bangunan tersebut berdasarkan surat bupati dan permohonan Kalak BPBK Abdya tanggal 13 Januari lalu.

Penyaluran yang agak terlambat, Muhammad Syahril menjelaskan, bantuan tersebut merupakan kegiatan berupa perbaikan transisi darurat.

“Kalau transisi darurat, apalagi bukan berupa makanan, tapi berupa bahan bangunan, bisa fleksibel sampai tiga bulan setelah kejadian. Kalau bahan makanan tidak boleh lama, waktu dua minggu harus disalurkan. Kemudian, mencari bahan baku kayu di lapangan juga sangat sulit,” paparnya.   

Muhammad Syahril lebih lanjut menjelaskan, bantuan kegiatan berupa perbaikan transisi darurat berupa  bahan baku bangunan dari Pemerintah Aceh yang diserahkan itu, barang kali tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat.

“Tapi inilah bentuk dukungan pemerintah dengan keterbatasan dana membantu masyarakat yang terdampak dari peristiwa bencana,” katanya.

Sedangkan Sekretaris BPBK Abdya, H Din Armaya menjelaskan, bantuan bahan yang diterima dari BPBA tersebut selanjutnya  akan diserahkan kepada Camat Susoh. Selanjutnya, disalurkan kepada warga korban angin puting beliung setempat. 

Sebagai catatan, peristiwa hujan lebat disertai angin kencang (putting beliung) pada 9 Januari lalu, menimbulkan dampak kerusakan berat dan ringan atap seng sekitar 24 rumah warga di tiga desa dalam Kecamatan Susoh.  

Korban terbanyak di Desa Padang Baru tercatat 21 unit, Desa Pawoh 2 unit dan Desa Pinang 1 unit. Selain di Kecamatan Susoh, beberapa rumah di Kecamatan Jeumpa juga mengalami kerusakan atap dalam piristiwa angin kencang tersebut.(*)

Pulang dari Luar Negeri, Dinas Kesehatan Aceh Utara Pantau 40 Warga di Rumahnya

Ratusan Warga Keliling Kampung di Aceh Barat, Baca Nazam dan Doa Agar Dijauhkan dari Wabah Corona

Bandara Rembele Perketat Pemeriksaan Hingga Pasang Marka Social Distancing

178 Dideportasi dari Malaysia, KJRI Kuching Pastikan Tak Ada Ancam Tembak dari Pemerintah Sarawak

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
March 22, 2020 at 12:40AM
https://ift.tt/2J27BLo

BPBA Serahkan Bantuan Bahan Bangunan untuk Korban Angin Puting Beliung Susoh - Serambi Indonesia
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BPBA Serahkan Bantuan Bahan Bangunan untuk Korban Angin Puting Beliung Susoh - Serambi Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.