Search

Gempa Hari Ini Bermagnitudo 4,8 Guncang Malang, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

MALANG, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 4,8 mengguncang wilayah Malang Raya, Jawa Timur (Jatim), pada hari ini, Minggu (5/1/2020) pagi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Guncangan tersebut terjadi pukul 05.55 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.73 lintang selatan dan 112.50 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 km.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Wakatobi Sultra, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

"Hingga pukul 06.10 WIB, hasil monitoring BMKG tidak terdapat gempa susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang belum tentu benar," kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta, Agus Riyanto.

Guncangan gempa ini dilaporkan telah dirasakan di Sawahan-Nganjuk, Tempursari-Lumajang, Ponorogo, Trenggalek dalam skala intensitas II MMI. Kemudian di Karangkates-Malang, Tulungagung, Blitar dalam skala intensitas III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ujar dia.

BACA JUGA: Gempa Bumi 4,6 SR Guncang Kolaka Sultra Pagi Ini

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/35pnsfZ
January 05, 2020 at 08:10AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gempa Hari Ini Bermagnitudo 4,8 Guncang Malang, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami"

Post a Comment

Powered by Blogger.