Search

Mantan Permaisuri Jepang Michiko Didiagnosis Kanker Payudara Stadium Awal

TOKYO, iNews.id - Mantan Permaisuri Jepang Michiko menderita kanker payudara. Dia dilaporkan akan menjalani operasi, mengutip keterangan dari pejabat Istana Kekaisaran.

Badan Rumah Tangga Kekaisaran menyatakan Michiko didiagnosis terkena kanker payudara tahap awal saat pemeriksaan kesehatan berkala bulan lalu.

Dilaporkan kantor berita Associated Press, Rabu (14/8/2019), Michiko Shoda (84) menerima gelar permaisuri emeritus setelah suaminya, Kaisar Akihito, turun takhta pada 30 April.
Keesokan harinya, putranya, Naruhito, ditahbiskan untuk meneruskan Takhta Krisantemum, sebutan untuk singgasana kaisar negeri Sakura.

Juni lalu, dokter juga menemukan adanya masalah ringan pada jantung yang perlu dipantau, kendati Michiko masih terus melaksanakan kunjungan pribadi. Michiko juga diketahui menjalani serangkaian operasi katarak pada akhir Juni.

BACA JUGA: 

Pengelihatan Bermasalah, Mantan Permaisuri Jepang Michiko Jalani Operasi Katarak

Kaisar Jepang Akihito-Permaisuri Michiko Rayakan 60 Tahun Pernikahan

Romantisnya Pangeran Naruhito kepada Putri Masako di Ultah Pernikahan

Menurut keterangan dokter, Michiko kehilangan berat badan dalam beberapa bulan terakhir yang diduga akibat kesibukannya mempersiapkan acara terkait turun takhta Akihito.

Michiko dijadwalkan akan mengunjungi Karuizawa, di kawasan sentral Jepang akhir bulan ini, tempat di mana dia dan Akihito dahulu bertemu untuk pertama kalinya dalam sebuah pertandingan tenis.

Keduanya juga akan berkunjung ke resor permandian air panas Kusatsu sebagai salah satu bagian dari rencana libur tahunan.

Michiko merupakan permaisuri pertama yang berasal dari rakyat biasa sepanjang sejarah Jepang modern. Berawal dari kisah romansa di lapangan tenis, perempuan yang besar dalam didikan Katolik itu menikah dengan Akihito pada 10 April 1959.

Mereka mematahkan tradisi dan membawa banyak perubahan pada kekaisaran: memilih untuk membesarkan ketiga anaknya sendiri, lebih banyak berbicara di depan publik, dan memberikan santunan bagi korban perang di dalam dan luar Jepang.

Tak ayal, interaksi yang mereka bangun memenangkan hati rakyat Jepang selama puluhan tahun.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/31EzBMe
August 14, 2019 at 03:12PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mantan Permaisuri Jepang Michiko Didiagnosis Kanker Payudara Stadium Awal"

Post a Comment

Powered by Blogger.