Search

Viral Video Puluhan ABG Terjepit di Bus Transjabodetabek, Ini Respons Anies

JAKARTA, iNews.id, – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membuat aturan baru untuk para sopir bus angkutan umum. Kebijakan ini merespons insiden puluhan remaja terjepit di bus Transjakarta saat takbiran keliling pada Selasa (4/6/2019) malam lalu.

"Nanti dibuatkan aturan khusus supaya sopir-sopir bertanggung jawab, tidak boleh membawa lagi orang di atas (bus)," kata Anies Baswedan di rumah dinasnya, Jalan Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019).

Mantan Menteri Pendidikan itu menegaskan bahwa perilaku para remaja tersebut telah melanggar aturan. Bahkan, menurutnya sopir yang membiarkan kejadian itu terjadi tidak menutup kemungkinan juga dikenai sanksi.

BACA JUGA: Simpang Uang dalam Peci, Anies Bagi THR untuk Anak-Anak di Balai Kota

"Karena itu tidak boleh sebetulnya dan harus ada sanksi bagi sopir yangg membiarkan atap kendaraannya dibiarkan untuk duduk berdiri karena bukan seharusnya ada di situ jadi sanksinya harus ada pada pengendali kendaraan," kata dia.

Video yang menunjukkan puluhan remaja atau anak baru gede (ABG) terjepit di dalam terowongan Tanah Abang, Jakarta Pusat, saat takbiran keliling viral di media sosial. Video itu disebarkan oleh akun instagram bernama @infia_fact pada Selasa (4/6/2019) malam.

Dalam video berdurasi sekitar 10 detik itu, terlihat para ABG itu naik di atap bus Transjabodetabek rute Tanah Abang-Bekasi.

Anies menegaskan, Pemprov DKI akan menganalisis terkait aturan mana yang akan digunakan agar peristiwa serupa tidak terulang. Kemungkinan, kata Anies, para sopir bus akan diikat dengan peraturan gubernur (pergub) atau peraturan daerah (perda). Pihaknya juga perlu berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder dalam membahas wacana aturan itu.

"Harus ada aturan yang memberikan sanksi kepada penanggung jawab kendaraan dan penanggung jawab kendaraan adalah supir, pengemudi," kata dia.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2K0vV2Y
June 06, 2019 at 02:48PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Video Puluhan ABG Terjepit di Bus Transjabodetabek, Ini Respons Anies"

Post a Comment

Powered by Blogger.