Search

Jokowi Dijadwalkan Gelar Pertemuan Bilateral di Sela KTT G-20

OSAKA, iNews.id - Pertemuan bilateral bakal digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Osaka, Jepang. Pertemuan tersebut, antara lain dengan Bank Dunia, India, Arab Saudi, Brasil, dan Australia.

Informasi di Media Center KTT G-20 Osaka, Jepang, menyebutkan, sejumlah pertemuan bilateral akan dilakukan di Gedung Intex Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019). Pertemuan bilateral dengan Arab Saudi akan dilakukan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

BACA JUGA:

Makna Jempol dan Senyum Trump ke Jokowi: Bahagia, Kagum dan Tulus Mendukung

Kisah Jokowi Dapat Permen dari Donald Trump di KTT G-20

Ucapan Selamat untuk Jokowi Mengalir dari Pemimpin Dunia di KTT G20

Pertemuan lainnya adalah pertemuan membahas pemberdayaan perempuan, pertemuan Sesi III KTT G-20 dengan tema inklusi dan kesinambungan global. Selain itu, pertemuan sesi IV KTT G-20 dengan tema perubahan iklim, lingkungan dan energi.

Presiden Jokowi sebelumnya telah melakukan dua pertemuan bilateral. Pertama dengan Presiden Korea Moon Jae-In dan kedua dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

Mengutip laman Setkab, Sabtu (29/6/2019), usai menghadiri pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin G-20 dan Forum KTT, Presiden Jokowi dijadwalkan akan kembali ke Indonesia pada Sabtu siang.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam rangkaian G-20 di antaranya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong.

Risiko Perang Dagang

Salah satu aspek penting yang mengemuka dalam forum G-20 adalah mengenai isu perang dagang antara Amerika Serikat dan RRT.

Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde di forum G-20, sebagaimana disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam keterangan pers di Hotel New Otani, Osaka, Jumat, 28 Juni 2019 menyampaikan dengan adanya risiko perang dagang ini pertumbuhan ekonomi dunia akan turun sebesar 0,5 persen.

"Dengan demikian yang tahun sudah 3,5 persen tahun depan yang diharapkan bisa lebih baik jadi 3,6. Kalau perang dagang ini akan terus berjalan maka pertumbuhannya hanya akan mencapai 3,1 persen," ujar Menkeu.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2YltmvA
June 29, 2019 at 03:56PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Dijadwalkan Gelar Pertemuan Bilateral di Sela KTT G-20"

Post a Comment

Powered by Blogger.