Search

Tak Pandang Bulu, Pemerintah China Bongkar Ratusan Makam di Gunung

BEIJING, iNews.id - Pemerintah China tak pandang bulu dalam menertibkan bangunan liar. Bahkan, pemakaman pun dihancurkan.

Komite Partai Komunis Kota Fuzhou, Provinsi Fujian, sebagaimana dilaporkan South China Morning Post, Senin (1/4/2019), memerintahkan penghancuran ratusan makam yang dibangun secara ilegal di pegunungan. Lokasi-lokasi itu akan dikembalikan fungsinya seperti sedia kala, yakni hutan.

Perintah ini merupakan bagian dari kampanye Presiden Xi Jinping untuk membersihkan proyek-proyek konstruksi ilegal dan merusak lingkungan.

Beberapa bulan setelah Xi menyampaikan arahan untuk menekan pembangunan vila mewah dan makam ilegal yang merusak lingkungan, para pejabat pemerintah daerah di penjuru negara itu berlomba-lomba untuk mematuhinya. Pasalnya, mereka yang tidak bertindak bakal dipecat, bahkan dipenjarakan.

Perintah ini muncul setelah kantor berita Xinhua pada Jumat lalu melaporkan bahwa pemakaman ilegal semakin berkembang di daerah pegunungan dan keberadaan mereka merusak lingkungan dan menjadi ancaman bagi sumber air bersih.

Laporan itu juga menyoroti pembangunan pemakaman mewah di Gunung Nanyang, Kota Jiangtian, Fuzhou, di mana lebih dari 100 unit sedang dibangun.

Kasus terburuk, hutan seluas 100 meter persegi ditebang untuk memberi ruang bagi pemakaman.

Sementara itu, di Provinsi Heilongjiang, pihak berwenang mengawasi pembongkaran pengembangan vila seluas lebih dari 19 hektare di Gunung Zhangguangcai, Minggu (31/3/2019).

Langkah itu dilakukan setelah Radio Nasional China melaporkan proyek itu tidak sah dan dituduh melanggar batas lingkungan alam.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2HSWm9E
April 02, 2019 at 12:14PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Pandang Bulu, Pemerintah China Bongkar Ratusan Makam di Gunung"

Post a Comment

Powered by Blogger.