Search

Pergantian Kaisar, Restoran di Jepang Jual Hamburger Raksasa Rp12 Juta

TOKYO, iNews.id - Sebuah restoran steak di kawasan elite Roponggi, Tokyo, Jepang, punya cara tersendiri untuk memeriahkan pergantian takhta kekaisaran yang akan berlangsung pada 1 Mei 2019.

Mereka membuat hamburger raksasa seukuran bola kaki dari daging sapi wagyu yang diberi nama Golden Giant Burger. Hamburger berisi hamparan daging wagyu yang dipotong kecil-kecil itu memiliki bobot 3 kilogram.

Wagyu merupakan daging sapi berkualitas hasil peternakan di Jepang yang harganya setinggi langit.

Restoran Oak Door itu mulai menjual Golden Giant Burger dengan harga 900 dolar AS per potong atau sekitar Rp12,6 juta mulai 1 April 2019. Namun restoran juga memberikan sebotol anggur bagi konsumen sebagai bonus.

"Kami ingin melakukan sesuatu untuk merayakan hadirnya kaisar baru dan era baru bagi Jepang," kata chef kepala Patrick Shimada, diktutip dari AFP.

"Itu juga membuat saya menjadi lebih terhubung dengan akar budaya Jepang. Membuat burger gaya Amerika menggunakan bahan-bahan Jepang, rasanya seperti menemukan diri saya dalam potongan roti," ujar Shimada, menambahkan.

Golden Giant Burger dibuat untuk memperingati penobatan Putra Mahkota Naruhito dan menandai awal era 'Reiwa' bagi Jepang.

Meskipun upacara penobatan Naruhito berlangsung pada 1 Mei, namun menu spesial tersebut akan dijual sampai akhir Juni.

Kaisar Akihito akan turun takhta pada akhir April, dia merupakan Kaisar Jepang pertama yang mengundurkan diri saat masih menjabat, sejak 200 tahun silam. Biasanya, kaisar menjabat sampai mangkat.

Sementara Jepang memperkenalkan nama era baru kekaisarannya hari ini yakni 'Reiwa', menggantikan Heisei yang sudah digunakan selama 31 tahun.

Jepang pernah melarang warganya mengonsumsi daging selama 1.200 tahun, pertama kali diterapkan pada abad VII. Siapa yang melanggarnya akan dihukum berat. Namun aturan ini dicabut di masa Kaisar Meiji pada 1872.

Lalu, Jepang modern merangkul budaya kuliner Amerika Serikat sejak akhir Perang Dunia II, ditandai dengan maraknya hamburger.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2JVupQo
April 01, 2019 at 09:22PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pergantian Kaisar, Restoran di Jepang Jual Hamburger Raksasa Rp12 Juta"

Post a Comment

Powered by Blogger.