Search

Luncurkan Satelit Baru pada 2023, Bank BRI Gandeng Satkomindo

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berencana meluncurkan satelit high throughput satellite (HTS) pada 2023. Dalam proyek ini, bank pelat merah itu akan menggandeng PT Satkomindo Mediyasa.

"Melalui salah satu partner, kami berencana meluncurkan satelit HTS sebagai upaya meningkatkan kapasitas," ujar Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI, Indra Utoyo, Kamis (22/8/2019).

Indra mengungkapkan, ke depan Satmindo bakal menjadi mitra strategis Bank BRI untuk memenuhi kebutuhan jaringan komunikasi. Dia menyebut, transformasi digital menjadi kunci bagi bisnis Bank di masa depan.

Satkomindo, kata Indra, akan meluncurkan satelit HTS berkapasitas 150 gigabyte per second (Gbps) dengan menggunakan spektrum frekuensi KU- dan Ka-band. Teknologi ini dinilai tepat untuk mengatasi kelangkaan suplai transponder di Indonesia.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Satkomindo bahwa pada awal 2020 agar menyiapkan backup diversity dengan bekerja sama dengan operator satelit lain sebagai upaya mitigasi risiko apabila terjadi anomali pada satelit BRIsat," ucapnya.

BRIsat merupakan satelit yang diluncurkan Bank BRI pada Juni 2016 oleh perusahaan asal AS, Space System/Loral (SSL). Nilai satelit dengan 45 transponder itu mencapai 230 juta dolar AS, setara Rp2,5 triliun.

Satkomindo diketahui adalah badan hukum terpisah dari Bank BRI. Saat ini, 99 persen saham Satkomindo dipegang oleh Dana Pensiun Bank BRI dan 1 persen oleh PT Bringin Gigantara. Sejak tahun 2002, perusahaan ini fokus berbisnis pengoperasian satelit.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2ZoDHuK
August 23, 2019 at 04:10PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Luncurkan Satelit Baru pada 2023, Bank BRI Gandeng Satkomindo"

Post a Comment

Powered by Blogger.