Search

PBB Distribusikan Makanan untuk 5.000 Warga di Zona Perang Yaman

SANAA, iNews.id - Program Pangan Sedunia (WFP) menyatakan pihaknya berhasil mendistribusikan makanan kepada ribuan orang yang terperangkap di zona perang di Yaman yang tadinya tidak bisa dijangkau oleh dunia luar.

Organisasi PBB itu mendistribusikan makanan di zona Nihm yang dikuasai pemberontak untuk pertama kali sejak perang pecah di Yaman lebih dari empat tahun lalu. Provinsi Nihm terletak di timur laut ibu kota Sanaa yang dikuasai pemberontak Houthi dan dekat perbatasan Arab Saudi.

Juru bicara WFP Herve Verhoosel mengatakan, perundingan gigih akhirnya membuahkan hasil. Menurutnya, WFP bersama organisasi Islamic Relief telah mendistribusikan makanan kepada sekitar 5.000 orang yang tinggal di dekat garis depan di Nihm.

WFP, kata dia, mendistribusikan pangan untuk dua bulan di dua tempat pembagian pangan.

"Ini hasil penting bagi WFP mengingat provinsi itu merupakan garis depan dalam perang di sana yang sudah lama sangat sulit dicapai. Namun, laporan berbagai lembaga swadaya yang beroperasi di Nihm menunjukkan sebagian penduduk yang berdiam di kawasan di mana permusuhan lebih sengit tidak dapat mencapai tempat pembagian makanan tadi," kata Verhoosel, seperti dilaporkan Associated Press, Senin (3/6/2019).

Verhoosel juga menyebut WFP dapat memberi bantuan kemanusiaan kepada penduduk sipil yang rentan di sekitar Kota Dhuraimi di Provinsi Hodeidah untuk pertama kali dalam setahun terakhir.

Pelabuhan Hodeidah yang dikuasai pemberontak adalah pintu masuk utama bantuan kemanusiaan yang penting; termasuk pangan, air, obat-obatan, dan alat kedokteran. Kawasan itu selama ini merupakan medan pertempuran sengit antara Houthi dan pasukan koalisi pro-pemerintah yang dipimpin Arab Saudi.

Menurut Verhoosel, WFP mengirim persediaan untuk dua bulan seperti makanan, air, kebutuhan sanitasi dari UNICEF dan UN Population Fund. Kedua pihak yang berperang membantu WFP masuk ke sana.

PBB menyebut krisis kemanusiaan di Yaman adalah yang terburuk di dunia. PBB juga mengingatkan ada sekitar 14 juta penduduk atau separoh dari jumlah penduduk negeri itu berada di jurang kelaparan.

WFP telah mendistribusikan pangan kepada 10 juta penduduk sebulan dan berharap dapat meningkatkan bantuan sampai pada 12 juta penduduk.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2WbZ64s
June 03, 2019 at 07:09PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PBB Distribusikan Makanan untuk 5.000 Warga di Zona Perang Yaman"

Post a Comment

Powered by Blogger.