Search

Paus Betina Sedang Hamil Tedampar di Italia, Isi Perutnya 22 Kg Sampah

ROMA, iNews.id - Paus betina yang sedang hamil ditemukan mati terdampar di sebuah pantai di Sardinia, Italia. Dalam perut paus sperma itu ditemukan 22 kilogram sampah plastik.

Bangkai paus sperma hamil itu ditemukan pekan lalu. Paus itu, yang memiliki panjang 8 meter (26 kaki), terdampar di pantai di lokasi wisata Sardinia, Porto Cervo.

Sampah plastik seberat 22 kilogram yang ada dalam perutnya terdiri dari kantong plastik, jaring pancing, botol minuman, dan sebagainya.

"Bangkai mamalia itu berisi kantong sampah, jaring ikan, garis, tabung, kantong cairan mesin cuci yang masih dapat diidentifikasi, dengan merek dan kode, dan benda-benda lain yang akan segera diidentifikasi," kata Luca Bittau, presiden kelompok SeaMe, kepada CNN, Selasa (4/2/2019).

"Paus itu hamil dan hampir dipastikan keguguran sebelum terdampar," katanya.

"Usia janin itu tingkat lanjut."

Bittau mengatakan, penyebab kematian akan diketahui setelah pemeriksaan histologis dan toksikologi oleh dokter hewan di Padua, Italia utara.

"Apakah masih ada orang yang mengatakan ini bukan masalah penting? Bagi saya mereka (paus) penting, dan mereka adalah prioritas," kata Menteri Lingkungan Hidup Italia, Sergio Costa, dalam posting-an di Facebook.

"Kita menggunakan 'kenyamanan' benda sekali pakai dengan cara mudah dalam beberapa tahun terakhir, dan sekarang kita membayar konsekuensinya. Terutama hewan-hewam, di atas semuanya, yang membayarnya," lanjutnya.

Costa juga merujuk pada persetujuan Parlemen Eropa baru-baru ini tentang undang-undang yang melarang berbagai macam barang plastik sekali pakai, seperti sedotan, cotton buds, dan peralatan makan, pada 2021.

"Italia akan menjadi salah satu negara pertama yang mengimplementasikannya," janjinya.

"Perang menggunakan plastik sekali pakai sudah dimulai. Dan kita tidak akan berhenti di sini."

Bulan lalu, seekor paus muda ditemukan tewas di Filipina dengan 40 kilogram (88 pon) kantong plastik di perutnya.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2WCIJPd
April 02, 2019 at 06:48PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Paus Betina Sedang Hamil Tedampar di Italia, Isi Perutnya 22 Kg Sampah"

Post a Comment

Powered by Blogger.