Search

Padamkan Kebakaran Hutan, 30 Petugas di China Tewas

BEIJING, iNews.id - Sebanyak 30 petugas pemadam kebakaran tewas setelah dikirim untuk mengatasi kebakaran hutan di pegunungan terpencil di Provinsi Sichuan, barat daya China, pada akhir pekan kemarin. Hal itu diungkapkan otoritas setempat awal pekan ini.

"Hampir 700 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api, yang berkobar pada Sabtu di medan curam di ketinggian sekitar 4.000 meter di daerah Muli," demikian pernyataan kementerian manajemen darurat China, seperti dilaporkan AFP, Selasa (2/4/2019).

"Tim penyelamat menemukan 30 mayat petugas pemadam kebakaran yang sebelumnya dinyatakan hilang," sambung kementerian itu di akun resmi Weibo-nya.

Kementerian sebelumnya menyebut pemerintah setempat kehilangan kontak dengan 30 petugas pemadam kebakaran pada Minggu sore, setelah perubahan arah angin secara tiba-tiba memicu bola api besar.

Rekaman yang ditayangkan oleh stasiun televisi CCTV menunjukkan gumpalan asap yang berasal dari daerah pegunungan yang berhutan.

Sementara itu, kebakaran hutan terpisah yang berlangsung dua hari di Provinsi Shanxi di utara berhasil dikendalikan pada Minggu kemarin.

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan, lebih dari 9.000 orang diungsikan dari rumah mereka karena kebakaran yang tidak menimbulkan korban jiwa itu.

Hampir 3.000 petugas pemadam memadamkan kebakaran hutan lainnya di pinggiran Beijing, pada Minggu kemarin. Tidak ada korban yang dilaporkan dalam kebakaran, yang dimulai pada Sabtu dan tersebar di daerah seluas 42,7 hektar.

Xinhua melaporkan, Pusat Meteorologi Nasional China memperingatkan suhu yang lebih hangat dan curah hujan yang lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya meningkatkan risiko kebakaran hutan di utara negara itu.

Pada Mei 1987, kebakaran hutan paling mematikan dalam sejarah China menewaskan 119 di timur laut Provinsi Heilongjiang, melukai 102 dan menyebabkan 51.000 kehilangan tempat tinggal.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2JWhBsR
April 02, 2019 at 02:51PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Padamkan Kebakaran Hutan, 30 Petugas di China Tewas"

Post a Comment

Powered by Blogger.