Search

Anies Bakal Bangun Skybridge antara Stasiun ASEAN dan Halte CSW

JAKARTA, iNews.id – Gubernur Anies Rasyid Baswedan hari ini menggunakan transportasi umum Moda Raya Terpadu (MRT) Ratangga untuk berangkat kerja menuju Balai Kota DKI Jakarta. Dia menaiki angkutan berbasis rel itu dari Stasiun Fatmawati, Jakarta Selatan, menuju Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Anies tak sendirian. Perjalanannya menuju kantor tadi pagi ditemani Direktur Utama PT MRT Jakarta Wiliam Sabandar dan Direktur PT Transjakarta Agung Wicaksono. “Hari ini adalah hari pertama penggunaan MRT secara komersial. Dan insya Allah makin leluasa bagi warga untuk memakainya,” kata Anies di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Dalam perjalanannya menuju Balai Kota Jakarta, Anies bersama rombongan sempat turun di Stasiun ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam tinjauannya, dia melihat tidak adanya intergrasi sistem antara MRT dan Transjakarta di kawasan yang dikenal sebagai Perempatan CSW itu.

“Tadi saya berhenti di Stasiun ASEAN , di sana ada persimpangan antara Transjakarta dan MRT. Saya selalu menggarisbawahi soal integrasi, dan persimpangan itu adalah contoh sempurna perencanaan tanpa integrasi,” ungkap Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu mengatakan, di kawasan yang dia tinjau itu, Stasiun ASEAN milik MRT dan Halte CSW milik Transjakarta dibangun bersamaan tiga tahun lalu. Akan tetapi, tidak ada sedikit pun sambungan antara kedua moda transportasi tersebut.

“Jadi, bagi warga dari Ciledug yang mau turun dan pindah ke MRT tidak bisa. Sama dengan warga dari Lebak Bulus yang naik MRT mau turun di sana, pindah ke Transjakarta, juga tidak bisa. Harus turun keluar stasiun atau keluar halte, baru naik (lagi),” kata Anies.

BACA JUGA: Sementara 8 Kereta Beroperasi, MRT Jakarta Melayani Setiap 10 Menit

Karena itu, dia menginginkan ada semacam jembatan penyeberangan multiguna atau skybridge antara Stasiun ASEAN MRT dan Halte CSW Transjakarta. Dengan begitu, pengguna Transjakarta bisa berpindah ke MRT dengan leluasa, begitupun sebaliknya.

“Ke depan, semua perencanaan transportasi harus bisa memenuhi persyaratan yang terintegrasi. Termasuk yang di sini (Perempatan CSW),” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, ada empat halte yang diintegrasikan dengan stasiun MRT. Keempat halte itu adalah Halte Tosari, Dukuh Atas, Bundara HI, dan Halte ASEAN di kawasan Sisingamangaraja.

Satu dari empat halte itu kini sudah dintegrasikan dengan stasiun MRT yakni di Halte dan Stasiun Bundaran HI. Sementara, Halte ASEAN masih dalam proses sayembara desain revitalisasi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2I4yqPZ
April 02, 2019 at 12:40AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anies Bakal Bangun Skybridge antara Stasiun ASEAN dan Halte CSW"

Post a Comment

Powered by Blogger.