Search

Pemkot Bekasi Jelaskan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, pemerintah daerah mulai mendistribusikan sebanyak 150 ribu paket sembako kepada masyarakat enokomi bawah. Pemberian bantuan sosial ini menyusul pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kami mengambil aksi lebih cepat menyediakan 150 ribu paket, tapi tentu nilainya tidak sama dengan bantuan dari Gubernur dan Presiden karena keterbatasan anggaran," kata Rahmat Effendi di Bekasi, Sabtu (18/4).

Rahmat sekaligus menjawab polemik tentang bansos di masyarakat sejak kemarin. Sebab, banyak laporan bantuan paket sembako nilainya tak sampai Rp 200 ribu, kemudian tak disertai uang tunai.

1 dari 1 halaman

Tiga Jenis Bantuan

Menurut Rahmat, ada tiga jenis bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat. Pertama yaitu dari Pemerintah Kota Bekasi dalam bentuk sembako, nilainya tak lebih dari Rp 200 ribu. Kemudian bantuan kedua bersumber dari Gubernur Jawa Barat senilai Rp 500 ribu dalam bentuk uang tunai Rp 150 ribu dan paket sembako Rp 350 ribu.

"Pak Gubenur sudah mengirimkan ke Kota Bekasi, jumlahnya sekitar 27 paket, pengirimannya melalui Kantor Pos, sekarang sedang berjalan," kata dia.

Sumber bantuan lain dari Kementerian Sosial. Presiden Joko Widodo menjanjikan bantuan senilai Rp 600 ribu, berdasarkan data DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial), jumlah penerima di Kota Bekasi mencapai 47 ribu keluarga. Bantuan ini mulai didistribusikan Senin pekan depan.

Rahmat memastikan penerima bantuan tidak sampai doble. Artinya, yang sudah menerima bantuan dari Pemkot Bekasi, tidak mendapatkan bantuan dari Gubernur Jawa Barat maupun Presiden, begitu juga sebaliknya. Bantuan juga diberikan kepada pencari kerja atau yang kena PHK melalui Kartu Pra Kerja, pendaftarannya sudah dibuka sejak beberapa hari lalu.

"Semua bantuan didistribusikan secara bertahap, tidak bisa selesai sehari sekaligus," katanya.

Dari tiga sumber bantuan itu, kata dia, total penerima bantuan sosial akibat dampak pandemi Corona di Kota Bekasi mencapai 224 ribu keluarga atau sekitar 30 persen dari jumlah keluarga di Kota Bekasi. Bagi yang belum terdata, pemerintah masih membuka pendaftaran melalui online maupun kelurahan.

"Termasuk perantauan yang tinggal di Kota Bekasi bisa menerima bantuan sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan," kata dia.

[gil]

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
April 19, 2020 at 03:52AM
https://ift.tt/3ah0HwZ

Pemkot Bekasi Jelaskan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat | merdeka.com - Merdeka.com
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkot Bekasi Jelaskan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.