Search

Zulfikar Ingatkan Agar Penerima Sembako Bantuan tak Double - Serambinews.com

JANTHO - Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zu­lfikar Aziz SE, mengin­gatkan pihak Dinas So­sial (Dinsos) Aceh Besar, teliti memverifikasi data warga kurang mampu yang berhak menerima sembako bantuan se­bagai dampak corona. Penerima bantuan ini diharapkan juga jangan tumpah tindih atau men­jadi double dengan ban­tuan pemerintah lainnya.

“Bantuan harus mera­ta dan tepat sasaran, khu­susnya bagi warga miskin. Kita tidak ingin dana refo­cusing sebesar Rp 15 miliar yang sudah disetujui ekse­kutif dan legislatif menjadi sia-sia akibat penerima bantuan tidak merata,” kata Zulfikar Aziz.

Oleh karena itu, kata Zulfikar, perlu sinkronisa­si data masyarakat mi­skin dari berbagai pihak di Aceh Besar. Misalnya dari Dinsos dan Baitul Mal, bahkan lebih baik data masyarakat miskin dari satu pintu. Kemudian jenis bantuan yang diter­ima masyarakat miskin juga harus jelas, sehing­ga tak tumpang tindih an­tara satu sumber bantuan dengan bantuan lainnya.

Oleh karena itu, perlu koordinasi dengan pihak gampong karena mere­ka yang paling mengeta­hui tentang warga mas­ing-masing. “Jangan ada penerima bantuan semba­ko ini juga menerima ban­tuan dari sumber lainnya, misalnya mereka juga ter­ima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) atau penerima bantuan dari Program Aceh Besar Sejahtera (Proabes). Khu­sus untuk penerima ban­tuan Proabes setiap tahun sudah terima Rp 1,8 juta per tahun yang diplot dari APBK Aceh Besar,” sebut Zulfikar.

Politisi PKS ini men­gatakan hal ini diperlukan karena selama ini sangat banyak masyarakat mi­skin di Aceh Besar ikut terdampak covid-19. Teta­pi sebelumnya mereka belum mendapat bantuan dari program apa pun.

Oleh karena itu, dana refocusing atau pengali­han anggaran bagi yang terdampak corona ini ha­rus tepat sasaran untuk mereka. “Makanya Din­sos perlu membuat pe­tunjuk teknis (Juknis) un­tuk penyaluran bantuan ini, sehingga peneriman­ya memenuhi kriteria,” kata Zulfikar.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Jamaluddin, mengatakan mereka akan berupaya agar bantuan sembako yang direncanakan untuk 25.000 paket atau pener­ima sejumlah itu tidak ada yang double alias tump­ang tindih. Oleh karena itu, Dinsos memverifikasi setiap data yang masuk dari 23 kecamatan di Aceh Besar. (dab/*)

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
April 28, 2020 at 11:22AM
https://ift.tt/3eVAWWB

Zulfikar Ingatkan Agar Penerima Sembako Bantuan tak Double - Serambinews.com
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Zulfikar Ingatkan Agar Penerima Sembako Bantuan tak Double - Serambinews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.