Search

Pekan Depan, Ridwan Kamil Sebar Bantuan Rp 500 ribu/Orang - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 16,3 triliun untuk mengatasi dampak virus corona atau Covid-19. Anggaran tersebut sudah disepakati oleh Pemda Jabar dan DPRD Jabar.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, anggaran tersebut sebesar Rp 3,2 triliun akan dialokasikan secara tunai dan bentuk pangan kepada masyarakat miskin yang kehilangan penghasilan saat terjadi Covid-19 ini.

"Rp 3,2 triliun untuk anggaran tunai dan pangan yang akan dibagikan secepatnya minggu depan kalau lancar," lapor Ridwan Kamil kepada Wapres Ma'ruf Amin melalui video conference, Jumat (3/4/2020).


Ia menjelaskan, anggaran tunai dan pangan itu diberikan ke masyarakat dengan total masing-masing Rp 500 ribu. Akan dibagikan 1/3 uang tunai, 2/3 melalui sembako atau bahan pangan.
Adapun sembako dan bahan pangan yang diberikan dibeli langsung ke pedagang pasar sehingga tetap hidup. Jika, bahan dari pasar belum tercukupi maka akan dilakukan pembelian ke Bulog.

"Jadi kami akan utamakan membeli di pasar. Bulog adalah pilihan kedua jika stok di pasar tidak cukup," jelasnya.

Selain itu, pengiriman sembako dan bahan pangan tersebut akan dilakukan melalui aplikasi logistik online PT Pos Indonesia. Namun yang menarik, pasukan pengantar yang digunakan PT Pos adalah driver ojek online mulai dari Gojek, Grab dan lainnya.

"Jadi kami tetap membatu dan menghidupkan pedagang pasar dan ojek online," kata dia.

Sedangkan, anggaran sekitar Rp 13 triliun akan digunakan untuk proyek padat karya. Di mana setelah pandemik ini berakhir maka sektor padat karya akan menyerap tenaga kerja yang menjadi pengangguran selama masa ini.

"Jadi setelah pandemic turun insyaallah akhir Juni dan banyak pengangguran dan pengangguran kami kerjakan di padat karya total anggaran Rp 13 triliun kami sediakan," jelasnya.


Anggaran Rp 16,3 triliun itu sebagian besar diambil dari realokasi anggaran perjalanan dinas Pemprov Jabar yang dihentikan, pemotongan gaji Gubernur dan Wakil serta pemotongan gaji PNS Jabar untuk membantu masyarakat miskin.

"Dampak ekonomi ini yang sudah kami siapkan," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
April 03, 2020 at 06:45PM
https://ift.tt/2w9HVJW

Pekan Depan, Ridwan Kamil Sebar Bantuan Rp 500 ribu/Orang - CNBC Indonesia
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pekan Depan, Ridwan Kamil Sebar Bantuan Rp 500 ribu/Orang - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.