Search

Indonesia Buka Pintu Bantuan Internasional Tangani Corona - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19, Achmad Yurianto mengatakan Indonesia bakal membuka kemungkinan kerja sama bantuan internasional dalam menangani wabah virus corona (Covid-19).

Hal ini merespons status bencana nasional terhadap bencana non-alam penyebaran covid-19 yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada Senin (13/4) kemarin.

"Status ini juga memberikan pintu bagi kerja sama internasional, bagi bantuan-bantuan kemanusiaan yang tentunya kita akan mengacu pada perundang-undangan yang kita miliki," ujar Yurianto melalui konferensi pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Selasa (14/4).

Selain itu, status bencana nasional juga artinya data kasus corona bakal dikumpulkan dalam satu sistem. Yuri mengatakan data ini nantinya bisa diakses secara terbuka dan lebih transparan.

Selama ini detail data penambahan kasus dan perkembangan corona di daerah ditayangkan melalui situs resmi masing-masing pemerintah daerah. Di satu sisi, pemerintah melalui Kemenkes pun memiliki laman khusus perkembangan pandemi corona di Indonesia yang dimutakhir pula datanya setiap hari. Namun, data yang ada di laman Kemenkes itu kerap berbeda dengan data di daerah.

"Setelah ditetapkan bencana nasional maka seluruh integrasi data yang kita bangun dari desa, kecamatan, kabupaten, kota, provinsi dan seterusnya sampai pusat ada dalam satu sistem satu kendala data, satu jaring data. Sehingga seluruhnya bisa kita lihat dan akses terbuka," jelas Yurianto.

Indonesia Buka Pintu Bantuan Internasional Tangani Corona

Yuri mengatakan langkah ini juga mendorong pihaknya menguatkan komunikasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Hal ini dimaksudkan agar kebijakan masing-masing kementerian, lembaga hingga pemerintah daerah berjalan satu arah.

Oleh karena itu, tambahnya, kepala daerah meliputi gubernur, bupati hingga walikota berperan sebagai kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing. Mereka memiliki kewenangan menetapkan kebijakan di daerah.

Kasus corona di Indonesia per 14 April 2020 mencapai 4.839 kasus positif, 459 kasus meninggal dunia dan 426 kasus dinyatakan sembuh. Penyebarannya sudah ke seluruh provinsi di Indonesia. 

Jokowi kemarin secara resmi menetapkan status bencana nasional melalui Keputusan Presiden No. 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 Sebagai Bencana Nasional.

(fey/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



"Bantuan" - Google Berita
April 14, 2020 at 07:15PM
https://ift.tt/2xvux3r

Indonesia Buka Pintu Bantuan Internasional Tangani Corona - CNN Indonesia
"Bantuan" - Google Berita
https://ift.tt/36siyzP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Buka Pintu Bantuan Internasional Tangani Corona - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.